CARA MEMBONGKAR MESIN MOTOR
1. siapin
alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus kayak; tracker magnit serta tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan serta tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, serta komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin sudah diturunin
- kompresor, buat ngeringin komponen yang sudah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang entar bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar ya mas bro mbk bro!
2. proses
pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan
lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai
dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah
semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara
berurutan pula
sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih,
catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan
perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa
item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan atau persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika
semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan
proses perakitan secara
berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah –
kanan – atas – kiri
9. setelah
semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan
pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin
11. nggak
ada yang bocor! Beres dech…!
sekarang kita pina ke langka langka nya
sekarang kita pina ke langka langka nya
Langkah-langkah menurunkan mesin :
1.Memastikan
mesin dalam keadaan dingin
2.Mengeluarkan
oli mesin Melepas oil di pstick. Melepas baut tap oli yang terletak
disebelah kiri bawah mesin dengan
menggunakan kunci ring 17.
3.Mengeluarkan air radiator Memastikan air
radiator dalam keadaan dingin. Melepas 3
baut pengikat
cover radiator dengan menggunakan kunci sock 8
Melepas lem penjepit
selang radiator
yang berhubungan dengan tabung reservoir dan membuka tutup radiator
Melepas baut
tap air radiator dengan menggunakan kunci sock 10
4.Melepas semua sambungan kabel sistem kelistrikan
yang berhubungan dengan mesin
•Melepas konektor 2P sensor ECT
•Melepas tutup busi
•Melepas konektor 2P alternator
•Melepas konektor 2P motor starter
•Melepas konektor kabel ignition pulse generator
•Melepas konektor 3 P SE thermal valve
•Melepas baut dan kabel masa
•Bebaskan kabel kabel (ignitionpulse generator , SE
thermalvalve , motor starter) agar tidak mengganggu proses menurunkan mesin
5.Melepas
panel lantai
•Melepas
3 buah sekerup pengikat
•Bebaskan
rear tabs side cover dengan cara menarik bagian belakang side cover atas
kemudian bebaskan 3 buah lower tab dibagian bawah dengan cara menarik side
cover sebelah bawah
•Bebaskan
front lower tabs yang terletak dibawah sebelah depan dengan cara menarik side
cover depan bawah
•Bebaskan
4 buah upper hooks dan frot nupper tabs cover kebelakang
6.Melepas
tutup bodi / cover body
•Melepas
grap rail
Pergunakan
kunci kontak untuk membuka sadel
Melepas2
buah baut pengikat
Melepas
sadel
•Melepas
front center body cover
Melepas
2 buah sekerup di rear side
Melepas
3 buah sekeru pdi front side
Melepas
4 buah hooks dan 4 buah tabs front center body cover ke atas
•Melepas
lug gage box
Melepas
tutup radiator reserve tank
Melepas
4 buah baut
Melepas
2 buah sekerup rear side
Melepas
sekerup di front side
Melepas
lug gage box
•Melepas
body cover
Melepas
sekerup
Melepas
rear center body cover dengan menarik kebelakang dan bebaskan 2 buah hooks
dari slot
Melepas
seat lock cabel dari seat lock key cylinder dan holder
Melepas
konektor kombinasi lampu belakang 6 P
Melepas
sekerup front side
Melepas
sekerup dari kedua pillion step
Melepas
4 buah sekerup di rear lower side
Melepas
2 buah baut pada upper rear side
Menarik
front side body cover ke atas dan bebaskan 2 buah tabs dari slotnya –hati sambil ditarik kebelakang
7.Mengendorkan
sekerup plat pengikat dan melepas sambungan pipa udara terhadap cover crankcase sebelah kiri
8
.Melepas pipa karet karburator dari plat pengikat pipa udara
9.Melepas
selang pernafasan mesin dari klem pengikatnya
10.Melepas
selang SASS dari pipa pen-suplay udara SASS
11.Melepas
mur penyetel rem belakang dan pin penghubung dari kabel rem
12.Melepas
pegas pengembali dari lengan rem
•Lepaskan
sebagai berikut :-Fuel hose-Fuel auto valve vacuum hose-PAIR control valve
vacuum hose
•Longgarkan
lock nut (murpengunci) dan lepaskan throttle cable (kabel gas)
.•Lepaskan
throttle cable dari clamp.
•Lepaskan
adjusting nut (mur penyetel) rem belakang dan joint pin (pin penyambung) dari
brake cable (kabel rem)
.•Lepaskan
return spring (pegas pengembalian) dari brake arm (lengan rem).
•Lepaskan
cable clamp bolt (baut klem kabel).
•Lepaskan
rear brake cable dari cable Holder (pemegang kabel).
•Lepaskan
baut-baut pemasangan Dan sok breker belakang.
•Dukung
rangka dalam posisi tegak.
•Tahan
roda depan.
•Lepaskan
nut (mur) dan engine hanger linkbolt (baut penghubung penggantung mesin).
•Tarik
mesin sedikit lurus kebelakang dan lepaskan engine hanger link dari rangka
.•Putar
bagian belakang mesin ke kiri dan lepaskan mesin
.•Lepaskan
engine hanger link
MEMBONGKAR
BAGIAN ATAS :
A.1--CYLINDER
HEAD COVERCYLINDER HEAD COVER
•Lepaskan
crankcase breather hose.
•Lepaskan
special bolts (baut khusus),mounting rubbers dan cylinder head cover.
•Lepaskan
rubber seal dari cylinder headcover.
•Pemasangan
kebalikan dari caramembongkar
.•Posisi
tanda “UP”pada seal menghadap keatas
•Torsi
pengencangan baut 12 Nm.
demikian blok dari saya selamat memebaca blok ini sahabat blogger....!!!!!!!!
demikian blok dari saya selamat memebaca blok ini sahabat blogger....!!!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar