gteu7

#navbar-iframe{opacity:0;-moz-opacity:0;filter:alpha(Opacity=0);background:#000 url(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNMd2wvR_jmDvHIkrIDuOwwvpeZ4MlrcII5e57MDF22fCChRH-qJR_vx7Dzz-rTBtnZcmCWjhdW-_06irKn_iuT8yfNGs1fBRJUpWX2xG9pXZ_RqVDjsFz6MpTvrZexftt96UDvJHOf6o/s1600/1b.gif) center repeat;} #navbar-iframe:hover{opacity:0.4;-moz-opacity:0.4;filter:alpha(Opacity=40);} /* General */

Rabu, 02 Maret 2016

cara membongkar mesin dan langka langkah nya



CARA MEMBONGKAR MESIN MOTOR

1. siapin alat-alatnya
  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus kayak; tracker magnit serta tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan serta tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, serta komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin sudah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang sudah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang entar bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar ya mas bro mbk bro!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan atau persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
 sekarang kita pina ke langka langka nya


Langkah-langkah menurunkan mesin :
           
1.Memastikan mesin dalam keadaan dingin

2.Mengeluarkan oli mesin Melepas oil di pstick. Melepas baut tap oli yang terletak

   disebelah kiri bawah mesin dengan menggunakan kunci ring  17.                            

3.Mengeluarkan air radiator  Memastikan air radiator dalam keadaan dingin. Melepas 3

 baut pengikat cover radiator dengan menggunakan kunci sock 8  Melepas lem penjepit

 selang radiator yang berhubungan dengan tabung reservoir dan membuka tutup radiator 

 Melepas baut tap air radiator dengan menggunakan kunci sock 10

4.Melepas semua sambungan kabel sistem kelistrikan yang berhubungan dengan mesin

•Melepas konektor 2P sensor ECT

•Melepas tutup busi

•Melepas konektor 2P alternator 

•Melepas konektor 2P motor starter

 •Melepas konektor kabel ignition pulse generator

 •Melepas konektor 3 P SE thermal valve

•Melepas baut dan kabel masa

•Bebaskan kabel kabel (ignitionpulse generator , SE thermalvalve , motor starter) agar tidak mengganggu proses menurunkan mesin

5.Melepas panel lantai

•Melepas 3 buah sekerup pengikat

•Bebaskan rear tabs side cover dengan cara menarik bagian belakang side cover atas kemudian bebaskan 3 buah lower tab dibagian bawah dengan cara menarik side cover sebelah bawah

•Bebaskan front lower tabs yang terletak dibawah sebelah depan dengan cara menarik side cover depan bawah

•Bebaskan 4 buah upper hooks dan frot nupper tabs cover kebelakang

6.Melepas tutup bodi / cover body

•Melepas grap rail

Pergunakan kunci kontak untuk membuka sadel

Melepas2 buah baut pengikat

Melepas sadel

•Melepas front center body cover 

Melepas 2 buah sekerup di rear side                                                                            


Melepas 3 buah sekeru pdi front side

Melepas 4 buah hooks dan 4 buah tabs front center body cover ke atas

•Melepas lug gage box

Melepas tutup radiator reserve tank

Melepas 4 buah baut

Melepas 2 buah sekerup rear side

Melepas sekerup di front side

Melepas lug gage box

•Melepas body cover 

Melepas sekerup

Melepas rear center body cover dengan menarik kebelakang dan bebaskan 2 buah hooks dari slot

Melepas seat lock cabel dari seat lock key cylinder dan holder 

Melepas konektor kombinasi lampu belakang 6 P

Melepas sekerup front side

Melepas sekerup dari kedua pillion step

Melepas 4 buah sekerup di rear lower side

Melepas 2 buah baut pada upper rear side

Menarik front side body cover ke atas dan bebaskan 2 buah tabs dari slotnya  –hati sambil ditarik kebelakang

7.Mengendorkan sekerup plat pengikat dan melepas sambungan pipa udara terhadap cover  crankcase sebelah kiri

8 .Melepas pipa karet karburator dari plat pengikat pipa udara

9.Melepas selang pernafasan mesin dari klem pengikatnya

10.Melepas selang SASS dari pipa pen-suplay udara SASS

11.Melepas mur penyetel rem belakang dan pin penghubung dari kabel rem

12.Melepas pegas pengembali dari lengan rem
                                                                                                                                     
•Lepaskan sebagai berikut :-Fuel hose-Fuel auto valve vacuum hose-PAIR control valve vacuum hose

•Longgarkan lock nut (murpengunci) dan lepaskan throttle cable (kabel gas)

.•Lepaskan throttle cable dari clamp.

•Lepaskan adjusting nut (mur penyetel) rem belakang dan joint pin (pin penyambung) dari brake cable (kabel rem)

.•Lepaskan return spring (pegas pengembalian) dari brake arm (lengan rem).

•Lepaskan cable clamp bolt (baut klem kabel).

•Lepaskan rear brake cable dari cable Holder (pemegang kabel).

•Lepaskan baut-baut pemasangan Dan sok breker belakang.

•Dukung rangka dalam posisi tegak.

•Tahan roda depan.

•Lepaskan nut (mur) dan engine hanger linkbolt (baut penghubung penggantung mesin).

•Tarik mesin sedikit lurus kebelakang dan lepaskan engine hanger link dari rangka

.•Putar bagian belakang mesin ke kiri dan lepaskan mesin

.•Lepaskan engine hanger link

MEMBONGKAR BAGIAN ATAS :

A.1--CYLINDER HEAD COVERCYLINDER HEAD COVER

•Lepaskan crankcase breather hose.

•Lepaskan special bolts (baut khusus),mounting rubbers dan cylinder head cover.

•Lepaskan rubber seal dari cylinder headcover.

•Pemasangan kebalikan dari caramembongkar

.•Posisi tanda “UP”pada seal menghadap keatas

•Torsi pengencangan baut 12 Nm.
 demikian blok dari saya selamat memebaca blok ini sahabat blogger....!!!!!!!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar